Senin, 14 November 2011

Menjaga Kesehatan Jiwa


         Manusia tersusun atas dua komponen, yaitu jiwa dan raga. Keduannya sangat memerlukan perhatian khusus. Manusia adalah mahluk yang tak lekang dari problema. Salah mengatasi masalah dapat membuat jiwa tergoncang. Perlakuan buruk dari lingkungan ataupun kurang dapatnya berinteraksi dengan orang lain dapat pula membuat jiwa selalu diselimuti kegundahan. Jiwa yang kurang stabil dapat mempengaruhi kesehatan raga. Maka dari itu perlu adanya keseimbangan antara jiwa dan raga. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan jiwa :


  •  Terbukalah dengan semua hal.    
         Usahakan jangan menutup-nutupi ataupun memendam masalah yang dimiliki. Harus disadari, bahwa di dunia ini tak ada yang sempurna atau manusia bisa sangat terlilit dengan masalah. Jadi, semua orang yang hidup di dunia ini pasti memiliki masalah dalam hidupnya. Untk mengatasi masalah tersebut, cobalah berbagi dengan orang lain yang dekat dengan diri anda ( sahabat karib ). Curhat atau sharing bisa melepaskan beban yang ada di kepala kita. Siapa tahu teman yang kita ajak curhat bisa memberi solusi untuk memecahkan masalah yang anda alami.
  • Perluas pertemanan.      
          Dengan memiliki teman yang banyak, kita akan lebih mudah dalam hal berkomunikasi. Sehingga dalam menjalani hidup, kita tidak akan merasa sepi. Dari pergaulan, kita bisa menggali pelajaran dari pengalaman orang lain.
  • Lakukan kegiatan yang berguna.     
         Sebagai manusia yang bijak, jangan pernah sia-siakan waktu luang hari-hari terlewat begitu saja tanpa ada hal yang berguna dalam hidup. Kegiatan positif seperti berolahraga, membaca, menulis, menonton, berkebun, rekreasi dan banyak lagi kegiatan positif yang bisa memberi banyak manfaat serta kehidupan yang kita jalani menjadi lebih berarti.
  • Mencoba hal baru.      
          Mencoba sesuatu yang belum pernah anda lakukan adalah suatu hal yang menarik dan memberikan tantangan tersendiri dalam hidup. Kegiatan baru yang kita lakukan bisan mendukung dalam hal pengembangan diri, menumbuhkan rasa percaya diri dan bisa megarahkan kita kepada kebahagiaan baru yang belum pernah kita alami.
  • Selalu tersenyum kepada semua orang.     
        Jangan pernah lupa untuk selalu tersenyum dalam segala hal. Senyum adalah harta paling nyata yang kita miliki. Senyum adalah suatu ibadah yang bisa menyenangkan hati orang lain. Tertawalah saat anda butuh tertawa, karena dengan tertawa semua masalah yang kita miliki akan berkurang dan sekaligus membebaskan jiwa dari belenggu yang berpengaruh negatif bagi hidup.
  • Jauhi hal negatif.      
         Seiring perkembangan zaman yang cepat, banyak hal-hal negatif yang bisa merusak jiwa dan raga. Hal negatif tersebut seperti mabuk, judi, memakai narkoba dan lain sebagainnya. Semua itu akan menambah masalah dalam hidup dan dilarang oleh agama serta akan merusak keseimbangan jiwa dan raga.
  • Tawakal dan Ikhlas.    
         Yang penting dalam menjalani hidup adalah tawakal dan ikhlas setelah melakukan suatu usaha. Berserah diri kepada Yang Maha Kuasa dan ikhlas menerima keadaan sebagai karunia adalah cara yang paling ampuh untuk menenangkan jiwa. Menyadari bahwa kesuksesan dan kegagalan adalah bagian dari hidup. Dengan pandai bersyukur, hati anda pasti bahagia dan senyum akan selalu terpancar dari wajah.
  • Selalu beribadah.       
          Ibadah adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, karena ibadah merupakan tolok ukur perilaku manusia dan sekaligus sebagai pengontrol jiwa. Jika jiwa sedang terbelenggu dengan masalah dan kita sulit untuk lepas dari belenggu tersebut, maka jalan yang terbaik adalah beribadah dan minta pertolongan kepada Tuhan sepaya diberi kekuatan dan kesabaran untuk menghadapi semua belenggu yang ada.

Selamat mencoba!!!
Semoga Tuhan senantiasa memberikan rahmat-Nya kepada kita agar jiwa dan raga kita selalu sehat dan ada Perubahan dalam diri kita ke arah yang lebih baik. Amin

0 komentar:

Posting Komentar