Selasa, 30 Oktober 2012

Sesal akan hilangnya Peluang




Peluang......................................

     Setiap orang pasti memiliki peluang dalam hidupnya, entah itu peluang yang besar ataupun peluang yang kecil. Peluang sendiri bisa diartikan sebagai suatu kesempatan, kesempatan disini dimaksudkan adalah kesempatan untuk mengambil keputusan. Sering kali orang terbengkalai dalam mengambil keputusan, padahal peluang untuk memecahkannya sudah ada dalam dirinya.

    Masalah yang timbul dalam diri seseorang sering kali mengabaikan suatu peluang bahkan bisa saja membuang peluang yang dimiliki. Masalah yang sering dialami adalah masalah ketidakberanian dalam mengambil setiap peluang yang ada dan management waktu yang amburadul. Karena faktor itulah, banyak orang menyesali peluang yang telah ia lewatkan.


      Peluang yang sudah lewat tidak selamanya akan terulang untuk kedua kali. Peluang yang akan datangpun belum tentu bisa kita manfaatkan dengan maksimal. Sekecil apapun peluang yang kita miliki dalam hidup, kalau kita bisa memanfaatkannya dengan baik hasilnya pun juga akan baik. Begitu juga sebaliknya, kalau kita memiliki peluang yang besar, akan tetapi kita tidak bisa memanfaatkanya maka hasilnya juga tidak akan memuaskan.

Ini adalah kisah nyata dalam hidup saya yang telah banyak melewatkan peluang.

     Mulai duduk di kelas 2 SMP, saya ingin sekali mengikuti kursus Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan Bilingual yang saya miliki. Akan tetapi, keinginan saya tersebut tidak pernah terwujud sampai saya lulus SMP. Penyebab kegagalan tersebut bukan karena orang tua saya tidak mampu membiayai, dan bukan otak saya tidak mampu untuk mempelajarinya. Akan tetai penyebab utamanya adalah ketidakberanian saya dalam mengambil peluang yang saya miliki. Ketidakberanian dalam diri saya muncul karena saya menganggap remeh dan beranggapan bahwa peluang tersebut akan terulang kembali.

      Menginjak masa SMA, keinginan untuk kursus Bahasa Inggris mulai berkecambuk kembali dalam hati dan pikiran saya. Lagi-lagi masalah yang sama menghampiri saya dan akhirnya niatan untuk mengikuti kursuspun gagal. Saat duduk di bangku kuliah, saya baru menyadari bahwa peluang yang saya lewatkan dimasa lalu ternyata berguna dimasa sekarang dan masa yang akan datang. Seberapapun peluan yang kita miliki, manfaatkanlah dengan baik, karena peluang yang kita ambil hari ini bisa mempengaruhi kehidupan kita dimasa mendatang.

       Oleh sebab itu, sebagai generasi muda yang masih memiliki banyak waktu dan peluang untuk menuntut ilmu, manfaatkanlah waktu kalian sebaik mungkin. Ambil setiap peluang yang ada biaurpun peluang tersebut sulit untuk kita lakukan. Percayalah dengan hati nurani kalian masing-masing, karena hati nurani tidak pernah berbohong.

Mencari ilmu lewat dunia pendidikan
Ilmu yang dicari tidak boleh sembarangan
Bila ada peluang yang kita lewatkan
Di masa depan akan timbul penyesalan





 

Catatan Konyol dari Orang Tolol
By : MUH. THOLIB


0 komentar:

Posting Komentar