Minggu, 27 November 2011

Awal dari Jalan Hidup



   Masa SMA adalah masa dimana paling berpengaruh dalam kehidupan pelajar, hal ini dikarenakan pada masa ini adalah masa awal perubahan diri dan masa dimana pelajar gencar-gencarnya mencari jati diri. Akan tetapi dalam pencarian jati diri ini tak sedikit yang terjerumus ke jalan yang salah dan justru membawa dampak buruk bagi perkembangan hidupnya. Membentengi diri adalah langkah terbaik yang bisa kita lakukan untuk tetap bisa mengembangkan kemampuan dan jati diri kita.

        Mulai adanya banyak tanggung jawab yang kita pikul di awali dari masa SMA ini juga. Kita dituntut harus mandiri dan menyelesaikan semua masalah yang kita miliki dengan logika yang kita miliki. Banyaknya pengalaman dan beban yang kita tanggung, membuat kita harus berfikir kemana masa depan kita dan bagaimana cara kita untuk mendapatkan semua cita-cita yang telah kita bangun semenjak kecil. Dari sinilah semua asam manis dan  lika-liku kehidupan mulai kita alami.

    Disisi lain, adanya kebebasan yang tiada batas memaksa pelajar mampu mengendalikan diri dan mengontrol semua emosi yang dimiliki. Bisa dikatakan bahwa masa SMA adalah tahapan yang paling santai dalam tingkatan dunia pendidikan. Kita bebas melakukan apa saja dan tiada orang yang berani menasehati kita kecuali orang tua. Akan tetapi, dibalik kebebasan tersebut kita dituntut untuk selalu mendapatkan pelajaran hidup yang nantinnya berguna bagi masa depan.

   Masa depan yang diinginkan para pelajar kebanyakan ditentukan dari masa SMA ini, karena pada masa ini akal dan logika dari masing-masing individu sudah bisa digunakan dan mereka tidak akan asal-asalan lagi dalam menentukan jalan hidupnya. Kebanyakan dari mereka mendapatkan hikmah dan pelajaran dari berwisata, bersosialisasi dengan masyarakat dan bergaul dengan teman-teman sebayanya.
            
    Ketika kita mampu untuk memenejemen diri yang baik saat belajar,  kepribadian seseorang akan terbentuk dengan cepat dan dan lebih berkembang. Kepribadian yang baik adalah dimana kita bisa mengembangkan semua aspek positif dalam diri kita dan menghilangkan semua sisi negatif yang membelenggu kehidupan kita.
             
   Inilah sedikit gambaran dari masa Abu-Abu Putih yang pernah saya alami dan tak akan pernah saya lupakan untuk selamanya.



      Dari situlah semua yang saya dapatkan saat ini berawal. Saya mendapatkan banyak teman, ilmu dan pengalaman hidup yang terkadang tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Semua ini tidak akan pernah aku lupakan seumur hidupku, saat kita bersam dengan teman-teman, guru dan semua orang yang kita sayangi. Semua itu akan aku ukir manis dalam hatiku dan tak akan aku musnahkan begitu saja. Demikian yang pernah saya alami ketika menjadi pelajar Abu-Abu Putih.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Jadi keinget Jaman SMA . >o<

Tholib mengatakan...

memang masa SMA adalah masa yang paling menyenangkan

Posting Komentar