Selasa, 22 November 2011

MERAH PUTIH

Judul Film : Merah Putih
Sutradara : Yadi Sugandi
Tokoh : Darius Sinathrya, Teuku Rifnu Wikana, Lukman Sardi, Doni Alamsyah, Zumi Zola, Atiqah Hasiholan dan Saraswati.
Tahun Pembuatan : 2009
Produksi : Margate House dan Media Desa Indonesia
Kategori : Drama


     Film Merah Putih adalah film buatan indonesia yang menceritakan tentang nasionalisme pejuang kemerdekaan untuk membebaskan indonesia dari penjajah belanda. Film ini dilatar belakangi sejarah perjuangan kemerdekaan indonesia tahun 1947 saat terjadinnya Agresi MiliterBelanda 1 ke jantung pemerintahan Republik Indonesia di jawa tengah. Film yang di sutradarai Yudi Sugandi ini memiliki alur cerita yang bagus dan mencitrakan keberanian para pejuang indonesia yang rela mati demi mempertahankan kemerdekaan indonesia.

   Cerita Merah Putih berawal dari sekawanan anak muda indonesia yang menjalin persahabatan sebagai kadet dan selamat dari pembantaian oleh tentara Belanda. Dengan semangat nasionalis yang tinggi dan keberanian yang teguh, mereka mempunyai inisiatif untuk berjuang membela tanah air indonesia. Akhirnya merekapun mengikuti latihan militer di sebuah Barak Bantir di Semarang Jawa Tengah . Suatu ketika, camp tempat mereka berlatih diserang tentara Belanda. Seluruh kadet kecuali Amir, Tomas, Dayan dan Marius terbunuh. Mereka yang berhasil lolos, kemudian bergabung dengan  tentara gerilya di pedalaman Jawa dengan diwarnai konflik karena perbedaan sifat, status sosial, etnis, budaya, dan agama. 

   Banyak sekali yang dialami Amir dan teman-temannya saat bergabung dengan tentara gerilya. Mereka mendapat banyak pengetahuan dan pelatihan bagaimana cara berperang yang baik serta mengatur strategi perang dengan matang. Semua yang mereka lakukan tak loain dan tak bukan adalah untuk membebaskan tanah air indonesia dari penjajahan belanda yang telah banyak menyengsarakan bangsa indonesia.

      Setelah lama bergabung dengan tentara gerilya, mereka banyak menyusun strategi perang untuk menyerang markas-markas belanda. Semua strategi berhasil dengan sempuna karena semua markas tentara belanda bisa dihancurkan oleh pasukan pejuang indonesia. Keberhasilan tersebut adalah hasil kerja keras Amir, Marius, Mayan dan para pejuang indonesia lainnya. Biarpun jumlah mereka tidak banyak, mereka tetap bisa memenangkan peperangan dengan telak dan sempurna. 
>>> to be Continued

   Kalau kita menghayati film ini, kita akan mendapatkan banyak sekali hikmah dan manfaat yang berguna dalam kehidupan kita. Salah satu contoh konkrit adalah kita bisa meniru semangat perjuangan yang telah dilakukan oleh para pejuang dalam kehidupan sehari-hari. Biarpun kita tidak hidup di zaman peperangan lagi kayak dulu, kita harus tetap berjuang untuk selalu mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat bagi bangsa indonesia. Ayo kita jaga terus tanah air indonesia dan jangan biarkan negara lain menjajah kita lagi ataupun menginjak harga diri bangsa indonesia. Indonesia akan selalu merdeka sampai kiamat tiba.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Two tumbs up buat film ini. :)

Posting Komentar