Senin, 28 November 2011

Sekilas PKTI

       Seperti yang kita ketahui, PKTI adalah singkatan dari Pelatihan Karya Tulis Ilmiah. Kegiatan yang selalu diadakan oleh masing-masing jurusan ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberi bimbingan kepada mahasiswa baru dalam mengembangkan inovasi dan gagasannya yang dituangkan dalam bentuk tertulis. Itulah sedikit gambaran yang dilakukan oleh Jurusan Sistem Informasi pada hari Sabtu-Minggu, 19-20 November 2011 yang bertempat di TC 103 dan TC 104.

      Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diawali dengan pembukaan dan pengenalan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang disampaikan oleh Mas Ferdiansyah dari jurusan Teknik Kimia ITS. Setiap orang pasti memiliki kemampuan yang apabila dikembangkan, akan menghasilkan sesuatu yang membanggakan dan berguna bagi orang lain. PKM bisa mengantarkan mahasiswa mendapatkan banyak prestasi, banyak uang dan berkesempatan menjadi Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES), ujar Mas Ferdi dengan santai.

     Setelah mas Ferdi selesai dengan tugasnya, materi dilanjutkan oleh Calon MAWAPRES dari Sistem Informasi yang menjelaskan tentang pengertian PKM lebih lanjut dan format penulisan yang benar. Setiap tahunnya, ITS selalu mengirimkan lebih dari 1000 karya tulis, tetapi yang mampu lolos dari seleksi Intitut tak lebih dari 10% dari jumlah yang dikirim. Faktor utama yang membuat tidak lolosnya karya-karya tersebut adalah salah dalam format penulisan dan karyanya cenderung menyimpang dari tema yang diangkat, jelas Mas Hamim.

      Ketika semua itu telah selesai, semua mahasiswa mengantri untuk mengambil konsumsi dan melakukan sholat Dzuhur. Kemudian semuanya dibagi menjadi beberapa kelas untuk lebih memantabkan pengetahuan dan minat untuk mengembangkan kreatifitas dalam bentuk tulisan. Setelah itu, semua mempresentasikan semua ide yang dimiliki untuk mendapatkan kritik, saran dan pembenaran dari tema yang mau dikembangkan.

       Pada hari kedua, semua peserta diperkenalkan tentang exspo dan trik untuk berpresentasi dengan baik dan benar. Hal ini perlu dilakukan untuk mendukung dan memperkuat tema yang kita angkat. Semua peserta diberi kesempatan untuk mempresentasikan semua ide yang telah dibuatnya di depan teman-teman yang lain. Setelah semuanya cukup, acara yang berlangsung selama dua hari dan berlangsung meriah ini ditutup oleh Mas Andika selaku MC dari acara PKTI 2011.

    Harapan kita dengan adannya pelatihan tersebut, kita bisa memunculkan mahasiswa-mahasiswa berprestasi yang mampu membawa nama baik Institut dan jurusan. Menembus PIMNAS 2011 yang akan berlangsung di Jogja adalah target utama yang dibebankan kepada peserta PKTI. Oleh sebab itu, mari kita ciptakan ide-ide kreatif dan unik yang mampu membawa perubaha di indonesia. Berprestasilah dan harumkan nama baik Intitut dan Jurusan dimana kamu berada.

0 komentar:

Posting Komentar