Minggu, 04 Desember 2011

INSTALL 2011



Membina Islam dengan INSTALL

            INSTALL adalah suatu kegiatan islami yang diadakan oleh pengurus Kajian Islam Sistem informasi untuk melatih dan mengenalkan apa itu islam yang sebenarnya kepada mahasiswa baru. Acara yang diadakan pada hari sabtu 03 Desember ini, diikuti oleh peserta yang tak kurang dari 50 mahasiswa baru. Acara INSTALL dimulai pukul 07.00 wib dengan agenda pertama yaitu registrasi ulang peserta yang datang. Setelah itu, peserta digiring ke ruang kelas TC 103 dan TC 104 untuk mengikuti materi yang sudah disiapkan oleh paniti a. Semua peserta terlihat antusias untuk mengikuti acara yang diadakan satu tahun sekali ini.

            Peserta memasuki ruang kelas dengan tertib, peserta diberi bloknote dan nametext yang sebelumnya sudah disediakan oleh panitia. Hal ini dilakukan supaya peserta bisa menulis semua materi yang disampaikan dan sebagai tanda pengenal utnuk masing-masing individu. Hal itu pun terbukti efektif, pasalnya semua peserta mau mencatat setiap yang disampaikan oleh pemateri walaupun hanya sekedar point-pointnya saja.  Setlah itu, pemateri dan panitia mengadakan sesi tanya jawab untuk mengetes apakah materi yang disampaikan benar-benar diterima dan dimengerti oleh semua peserta.


            Materi yang diberikan mulai pukul 08.00 s.d 17.00 wib tersebut, berisi beberapa hal penting yang nantinya akan berguna dalam kehidupan. Materi diawali dengan mengenalkan hakikat islam, memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara menjadi muslim yang prestatif, mengenalkan aturan dan etika yang terkait dengan Akhlak dan pergaulan dalam Islam, dan cara bagaimana mengatur waktu dengan baik dan benar. Semua itu dilakukan untuk menjadikan mahasiswa berperilaku islami, selalu patuh dan taat kepada Allah, meneladani sifat rasul dan selalu berpegang teguh pada Al-Quran dan Hadits.

            Kemudian, kegiatan dilanjutkan di Masjid Manarul Ilmi ITS. Kegiatan yang berlangsung dengan tertib, aman dan hikmat itu diikuti oleh peserta dari jurusan yang lain. Kegiatan Mabid tersebut diikuti oleh peserta dari Sistem Informasi, Teknik Informatika, Statistika, dan Teknik Kelautan. Semua membaur menjadi satu untuk mendengarkan ceramah dari Ustad Doni yang telah diundang oleh panitia untuk menyampaikan materi tentang Agama Islam. Akan tetapi, banyak sekali peserta yang ketiduran saat acara sedang berlangsung. Maklum saja, selain waktu sudah malam, peserta juga banyak yang kecapekan karena dari pagi sampai sore mengikuti kegiatan yang cukup berat.

            Acara yang selesai pada pukul 21.00 wib tersebut, banyak memberikan masukan dan pengetahuan penting yang berkaitan tentang agama islam. Acara yang ditutup dengan doa bersama ini, dihadiri pula oleh perwakilan dari JMMI dan organisasi islam lainnya. Setelah semuanya selesai, peserta diperkenankan tidur dan mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan lain yang sudah menanti mereka pada keesokan harinya. Tak terasa, waktu pun cepat berlalu. Dengan mata yang sayup-sayup dan rasa kantuk yang menyelimuti, semua peserta dibangunkan untuk mengikuti acara sholat malam pada pukul 03.00 wib. Selanjutrnya acara diteruskan dengan membaca Al-Quran yang dilakukan oleh semua peserta dan panitia.

            Tak lupa juga, panitia telah menyediakan permainan untuk melatih ketangkasan dan kekompakan para peserta. Semua peserta mengikuti Outbond terlebih dahulu sebelum pergi meninggalkan Masjid Manarul Ilmi. Ketika semua acara sudah selesai, peserta kembali ke jurusan mereka masing-masing untuk mengikuti kegiatan penutupan. Untuk peserta dari Sistem Informasi, mereka mengikuti tutorial ALPRO terlebih dahulu sebelum pulang pada pukul 13.00 wib pada hari minggu 04 desember 2011. 

            Semoga dengan berlangsungnya acara ini, semua peserta bisa menjadi muslim yang lebih baik lagi, terapkan semua materi yang sudah didapat dan buatlah islam semakin kuat serta berjaya di dunia. Tegakkan semua perintah agama dan wujudkan dunia islami yang selalu taat kepada Illahi.

0 komentar:

Posting Komentar